Tips Transfer Real-time Online antara Rek. BCA dan Bank Lain

HOT Update:

#1.

Jaringan ATM Bank Mandiri dan ATM BCA mulai 16 Januari 2012 resmi terkoneksi melalui ATM berlogo Prima, artinya nasabah kedua bank tersebut sudah dapat langsung melakukan transaksi (tarik tunai, cek saldo dan transfer) melalui ATM BCA, Bank Mandiri, serta ATM lain yang berlogo Prima.

#2.

Saat ini interface Internet Banking sudah dibuka untuk menu transfer realtime online antar Bank anggota ATM Bersama. Jadi anda bisa transfer antar rekening realtime selain melalui Internet Banking, selain JUGA bisa melalui mesin ATM berlogo ATM Bersama. Bisa dilakukan kapan saja dan darimana saja :)

Saya sudah membatasi pemakaian ATM BCA, sebagian saya pindahkan ke ATM  Mandiri (transfer antar rekening, payment dan purchasing (spt top up voucher)….

Tetapi kebutuhan memakai rek BCA sepertinya belum bisa saya hentikan sama sekali, pasalnya masih sering harus saling transfer realtime online ke rek BCA. Masih saja saya tetap harus transfer ke rek BCA karena komunitas saya masih ada yang belum buka rek Mandiri atau rek lain yang anggota ATM Bersama, kebetulan ATM Bersama adalah produk Artajasa anak perusahaan dari kantor saya: Lintasarta.

Biasanya tidak menjadi masalah karena umumnya bank-bank ini tergabung dalam jaringan ATM Bersama. Masalah baru timbul jika transaksi melibatkan BCA. BCA adalah salah satu bank yang nasabahnya paling banyak di Indonesia, dan dengan demikian cukup banyak transaksi yang melibatkan BCA. Sayangnya BCA adalah satu-satunya bank yang tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama.

Umumnya jika ingin mentransfer dana dari atau ke BCA, solusinya hanyalah dengan SKN yang dananya baru efektif tertransfer setelah dua atau tiga hari dengan biaya rp.7500/trx. Alternatif lain adalah dengan RTGS yang lebih cepat dari SKN (transaksi selesai antara 2-3 jam s/d maksimal satu hari kerja), tidak seketika sebagaimana transaksi ATM Bersama.

Selain itu biaya RTGS lebih mahal daripada ATM Bersama atau SKN (dengan biaya 15 ribu sekali transfer, dibanding dengan pakai cara Transfer dua tahap: 5 rb + 5rb per transfer).

Cara saya untuk bisa melakukan transfer dari dan ke rekening BCA secara seketika adalah dengan memakai rekening bank lain yang terhubung pada jaringan ATM Bersama dan sekaligus juga jaringan Prima (jaringan ATM milik BCA), dalam hal ini saya memakai rek Bank Permata (*).

Rekening bank yang saya pakai adalah Bank Permata. Jika misalnya saya ingin mentransfer dana dari Bank Mandiri ke BCA secara seketika, saya cukup mencari tempat dimana ada ATM member ATM Bersama dan ATM BCA/ATM member ATM Prima  sekaligus (mudah ditemukan).

Catatan: (*) Selain Permata yang bisa pakai adalah ABN AMRO Bank, Syariah Mandiri (BSM), BRI, BPD Kalimantan Timur, BPD Sulawesi Selatan, Bukopin, Eksekutif, Mayapada, Mega, Muamalat, NISP, Nusantara Parahyangan, Papua, UOB Buana, dan sejak 16 Januari 2012 di tambah Bank Mandiri.

Untuk melakukannya:

  • pertama saya transfer dana dari Bank Lain Mandiri ke Permata melalui jaringan ATM Bersama (dikenakan biaya Rp 5000) dengan kartu ATM Mandiri, dan
  • setelah itu dana saya transfer dari Permata ke BCA melalui ATM BCA (dikenakan biaya Rp 5000) dengan kartu ATM Permata.

Kedua transfer tsb JUGA bisa kita lakukan di satu macam ATM saja yang merupakan anggota ATM Bersama dan ATM Prima/BCA sekaligus, lihat Catatan: (*). Seperti di ATM BRI, Permata, Bukopin, Mega, Muamalat, NISP, Syariah Mandiri, UOB Buana dan Mandiri.

Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 10 ribu. Maksimum besar transaksi adalah Rp 10 juta dari ATM Bersama Mandiri ke Permata dan 10 juta dari ATM Prima Permata ke BCA. Sedangkan batas transaksi maksimum per hari adalah Rp. 25 juta.

Update terbaru:

Good News, saat ini kita bisa langsung melakukan transfer dari Bank Mandiri ke Bank BCA melalui ATM Mandiri, ATM BCA dan semua ATM yang berlogo Prima. Kenapa? Karena sejak 16 Januari 2012 Bank Mandiri resmi telah menjadi anggota ATM Prima selain juga sebagai anggota ATM Bersama dan ATM Link.

MBanking menjadi Virtual ATM

Belakangan saya lebih sering mempraktekkan transfer antar bank dengan MBanking! MBanking menggantikan fungsi ATM. Anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja, asyik bukan?

Trus, bagaimana dengan Internet Banking? Bisakan kita manfaatkan untuk transfer antar Bank antar anggota ATM Bersama/ATM Prima (= realtime antar bank)? Sayang dengan Internet Banking tidak bisa. Internet Banking hanya mengenal RTGS/LLG.

Jadi MBanking adalah satu-satunya solusi Transfer antar Bank dengan tanpa harus ke mesin ATM :) Jika anda memanfaatkan MBanking BCA, maka anda bisa transfer antar Bank Realtime ke anggota ATM Prima. Demikian juga jika anda memanfaatkan MBanking Bank yang terhubung sbg anggota ATM Bersama dan ATM Prima sekaligus (Lihat Catatan (*))- seperti MBanking BSM atau MBanking Permata, maka anda bisa manfaatkan MBanking untuk transfer ke anggota ATM Bersama & ATM Prima sekaligus!

Komparasi dibanding solusi RTGS:

Kelemahan RTGS:

  • Tidak realtime online dan prosesnya lama antara 2-3 jam s/d 1 hari, selama transaksi dilakukan sebelum batas waktu.
  • Waktu kerja dibatasi hanya hari kerja adalah s/d jam 15.30 WIB (GMT +07:00), hari libur tutup
  • Biaya transfer RTGS adalah Rp. 15.000,- per transaksi.

Kelebihan RTGS:

  • Limit maksimal transaksi bisa s/d Rp. 100.000.000,-per hari.

Other Online Lifestyle articles:

Berikut Daftar Selengkapnya Jaringan Bank ATM Bersama dan ATM Prima/BCA: http://www.ziddu.com/download/8826206/DaftarMemberATMBersamadanATMRintis.pdf.html

About these ads

68 thoughts on “Tips Transfer Real-time Online antara Rek. BCA dan Bank Lain”

  1. ini artikel medio 2009 ya.
    kalau skrg ada internet banking yg connected dg ATM bersama, yaitu internet bankingnya CIMB niaga. sangat berguna bagi saya.
    *bukan promosi, saya tidak berafiliasi, skdar sharing

  2. @andy Wah, sangat menarik. Terimakasih informasinya. Jadi selain melalui m-banking yang connected ke ATM Bersama pada beberapa Bank, ternyata Internet Banking CIMB Niaga connected ke ATM Bersama yah…

  3. Kalo misalnya mau transfer via m-banking bca ke bank mestika (anggota atm bersama tp bukan anggota atm prima) gmana? Bisa ga yah?

  4. @Yuyut Seperti yang dijelaskan pada artikel ini, ATM BRI terhubung ke ATM BCA melalui ATM Prima Network. Jadi agan bisa transfer langsung melalui ATM berlogo “Prima”.

  5. Aku memakai danamon untuk MBanking dan pakai LLG dan free tanpa di kenakan biaya transfer…
    hanya saja transfer dilayani dr jam 07.00-14.00 dan hari libur tutup,
    jika dikirim malem maka ke-esokan harinya akan masuk dgn sendirinya kok…enaknya pake danamon…

    tiap bulan tanpa dipotong untuk biaya apapun…(asal masih ada sisa kuota 250rb) lumayan untuk pelajar seperti saya…

  6. Kalo saya biasa pindahin saldo bni ke bca cuman 5rb biayanya, tp memang sedikit ribet dan pastinya bisa hari itu jg ditransfer, tergantung operator, caranya adalah pakai rekening bersama, lebih lanjut googling saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s