Peran & tugas utama seorang CEO

Adapted from Kontan.

Apa peran & tugas utama seorang CEO?

Peter Drucker, seorang mahaguru ilmu manajemen, awalnya juga gamang, sebenarnya tugas utama CEO itu apa sich? Akhirnya berikut adalah gagasan Peter Drucker atas peran dan pekerjaan CEO:

Wall Street Journal, Jan 2005.
The CEO is the link between the ‘inside’ that is organization, and the ‘outside’ of society, economy, technology, markets, and customers. Results are only on the outside.

Demikian gagasan utama Drucker tentang peran seorang CEO.

Pada perkembangan selanjutnya, A.G Lafley, CEO P&G, Mei 2002, mengamini gagasan Drucker tsb. Lafley bahkan kemudian merinci peran CEO itu ke dalam satuan pekerjaan yang kongkret.

Ada 4 pekerjaan CEO yang membedakannya dengan posisi lain di organisasi.
Pertama, merumuskan pihak pihak luar yang benar benar berarti bagi organisasi alias ‘the meaningful outside’. Harus ditetapkan mana yang betul-betul berarti, meskipun ada beberapa stakeholder, yang paling dianggap penting adalah konsumen. Jadi kalo ada konflik satu sama lain, penyelesaiannya dengan mengutamakan pihak yang paling penting, yaitu konsumen.
Kedua, memutuskan mana bidang yang akan digeluti dan mana yang tidak. Tidak semudah yang dibayangkan, banyak CEO yang tidak mampu fokus dan serakah menginginkan terlalu banyak bidang. Contoh: P&G rela melepaskan produk selai kacang ‘Jiff’, karena dianggap tidak sanggup mendongkrak citra P&G sebagai pemain global, karena hanya orang US yang suka selai kacang. P&G juga secara tegas memutuskan untuk fokus pada produk produk laundry, pembalut bayi, perawatan rambut dan wanita saja. Karena secara strategic cocok dengan sasaran dan kompetensi mereka.
Ketiga, kemampuan menyeimbangkan kepentingan saat ini dan masa depan. Dengan cara menetapkan target pertumbuhan yang realistis namun mantab. Contoh: Lafley, CEO P&G mengkoreksi target pertumbuhan financial ke angka angka yang lebih realistis. Langkah tsb awalnya tidak populer dimata Wall Street, namun Lafley yakin nantinya akan menjadi lebih sehat secara jangka panjang. Di bidang pengembangan organisasi Lafley bahkan terlibat secara langsung thd rencana karier dari 150 calon pemimpin potensialnya, karena dia percaya bahwa merekalah masa depan dari kelangsungan bisnis P&G.
Dan Keempat, mempertajam nilai nilai dan standar standar perusahaan. Nilai nilai perusahaan merupakan cerminan identitas kolektif perusahaan. Jika ingin sukses, maka nilai nilai perusahaannya haruslah terhubungkan dengan ‘meaningful outside’ serta relevan untuk saat ini dan masa mendatang. Sementara standar perusahaan merupakan harapan yang ditetapkan organisasi. Dalam sejarahnya, P&G merumuskan ‘trust’ (kepercayaan) sebagai nilai perusahaan.

Peran CEO adalah unik, CEO adalah pimpinan bisnis yang harus mampu menjadi ‘jembatan’ antara dunia luar dan dunia dalam organisasi.
Kata A.G Lafley, P&G CEO, tugas CEO adalah:

Its a job that the CEO must do, because without the outside, there is no inside.

About these ads

12 thoughts on “Peran & tugas utama seorang CEO”

  1. bagaimana cara untuk menjadi CEO?Jurusan apa yang hars diambil?
    tanda-tanda kalau kita cocok di bidang tersebut?
    apakah pekerjaan tersebut cocok untuk seorang wanita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s