budiwiyono.com | opinions, analysis, techniques, experiences and insights.

Vision without action is fantasy. Action without vision is random activity.

Pembiayaan Bisnis dengan Modal Ventura

with 5 comments

Apakah Modal Ventura itu?

Modal Ventura adalah suatu modal (keuangan) yang biasanya disediakan bagi usaha-usaha baru yang berpotensial tinggi, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan investasi tinggi. Modal Ventura disediakan oleh Kapitalis Ventura atau dalam bahasa asingnya, Venture Capitalist (VC). Sebagai timbal-balik dari investasi, Kapitalis Ventura akan mengambil bagian di kepemilikan perusahaan anda. Keuntungan diperoleh investor ketika perusahaan berada di bursa saham atau bila perusahaan menghasilkan keuntungan.

Modal Ventura berasal dari sekelompok investor yang mengumpulkan uang bersama di dalam Dana Ventura dan menginvestasikan dana itu untuk wiraswasta-wiraswasta yang berpotensial tinggi. Modal Ventura bisa juga berasal dari pihak-pihak kaya yang memulai usaha mereka sebagai wiraswasta. Bentuk pembiayaan ini menarik banyak bisnis baru yang belum lama beroperasi dan terlalu kecil untuk mengumpulkan dana di pasar umum (seperti surat obligasi) dan tidak terkualifikasi untuk mengambil pinjaman bank.

Hal-hal penting yang perlu diketahui tentang Modal Ventura
Bila anda memberikan sebagian dari kepemilikan perusahaan anda sebagai ganti dari pembiayaan usaha, anda berarti menerima partner bisnis baru. Menemukan Kapitalis Ventura yang dapat bekerja sama dengan anda sangat penting. Mereka tidak hanya memberikan anda modal, tetapi juga membagi pengalaman mereka dan koneksi di dunia bisnis.

Untuk mendapatkan pembiayaan bisnis, anda harus mampu untuk mempresentasikan bisnis anda secara professional. Tepatnya, anda memerlukan rencana pemasaran yang menunjukkan bahwa anda dapat menghasilkan keuntungan tinggi. Kesalahan-kesalahan umum yang terjadi adalah di mana pengusaha tidak mengetahui tujuan bisnis dan bidang usaha mereka. Sebelum anda mengajukan permintaan modal ventura, sebaiknya anda memikirkan dan merencanakan usaha anda selama beberapa bulan.

Di mana saya dapat menemukan Modal Ventura?
Indonesia adalah pasar yang berkembang untuk Modal Ventura. Salah satu tempat yang bisa anda cari adalah yellow pages, di mana anda bisa menemukan daftar perusahaan-perusahaan Modal Ventura seperti contohnya di Jalan Sudirman atau sekitar Indonesia.

Beberapa perusahaan seperti:
– Pertamina
– Perusahaan Gas Negara (PGN)
– Bahana Artha Ventura (BAV)
– PT Venture Capital
– Bina Swadaya
– Kospin Jasa

Sumber lainnya adalah perusahaan yang dimiliki oleh negara, yaitu “Permodalan Nasional Madani.” Salah satu jalan untuk menemukan sumber-sumber pembiayaan adalah melalui kontak bisnis di universitas-universitas. Profesor-profesor di program-program bisnis biasanya mempunyai hubungan dengan berbagai sumber.

Kemudian bagaimana dengan Venture Capital yang mensupport bisnis berteknologi tinggi untuk para dotcom technopreuneur? Seperti kisah Venture Capital yang membiayai Facebook Founder saat masih usia muda dalam file “The Social Network”.

Salah satu masalah yang paling sering dibicarakan oleh pelaku bisnis digital startup adalah soal akuisisi. Sebuah startup yang diakusisi setidaknya telah membuktikan kualitasnya karena dipercaya investor.

Apakah banyak Venture Capital yang membiayai technopreneur Indonesia? Jangan khawatir, ternyata banyak!

Beberapa contoh adalah Tokopedia.com dan Urbanesia.com dengan East Ventures sebagai Venture Capital. Selain itu ada juga Koprol.com yang telah diakuisisi Yahoo!

Menurut Satya, owner Koprol, sebelum proses akuisisi, pebisnis tak bisa hanya melihat permasalahan uang yang ditawarkan. Hal lain yang harus dilihat adalah sejauh mana visi misi bisnis pada awalnya bisa di-support. “Dalam proses akuisisi kita minta rencana dan produk kita didukung. Apa yang kita mau harusnya bisa terwujud setelah proses akuisisi,” jelasnya.

Meski kemudian merasa bahwa dirinya menjadi seperti karyawan sekarang, Satya merasa sejauh ini apa yang diberikan Yahoo! sesuai dengan apa yang diharapkan. Diakuinya, pekerjaannya di Koprol kini terasa lebih ringan bahkan bisa liburan, namun ia punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan ide-ide baru di perusahaan berskala global. Inilah bonus atau boleh dikatakan mimpi yang mungkin dirasakan para penggagas Koprol saat ini karena bisa belajar dari perusahaan yang besar.

Sebagai pelengkap, silakan tonton film “The Social Network” yang mengisahkan Facebook saat memulai sebagai Startup, story dimulai dari kamar Mark Zuckerberg yang saat itu masih sebagai mahasiswa. Dimana Mark bertemu Venture Capital melalui proses mentoring juga oleh Sean Parker, Founder Napster. Dalam perkembangan selanjutnya Sean Parker kemudian berpisah dengan Mark dan mendirikan perusahaan Venture Capital.

Bagi yang tertarik belajar tentang dunia Venture Capital, silakan mengakses: http://www.coursehero.com/courses/25/Intro-to-Venture-Capital/

 

Artikel sejenis:

About these ads

Written by budiwiyono

November 5, 2009 at 1:29 am

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dear Pak Budi.
    Saya saat ini sedang mendapatkan kerjasama pengelolaan kesehatan gigi mahasiswa di Universitas Swasta di Jakarta dengan sisytem kapitasi (sistem kapitasi : mahasiswa mambayar iuran sebesar Rp 17.000 / mstr / org sehingga mereka akan mndapatkan pelayanan kesehatan gigi dasar secara gratis). Adapaun kerjasama akan berlangsung selama 3 tahun.

    Adapun kesulitan kami adalah dalam hal permodalan investasi yaitu penyediaan alat kedokteran gigi dll. Untuk itu kami sedang mencari sumber permodalan. Apakah ada perusahaan modal ventura yang dapat memberikan modal terhadap sebuah usaha baru? Mohon bantuannya.

    Btw…apakah saya bisa meminta nomor telp Bapak yang bisa dihubungi?

    Trims
    Hud

    Hud

    January 7, 2010 at 8:36 am

  2. Dear Pak Hud,
    Di Indonesia sendiri yang cukup besar adalah PNMN. Venture Capital asing seringkali melirik Model Bisnis ICT yang berpotensi meroket, jadi memang high risk high gain peran mereka. Contoh seperti skype, facebook. Seperti kaskus jika mencari Venture Capital saya rasa sudah banyak yang bersedia kerjasama.
    Berikut contoh lain penawaran Venture Capital Internasional: http://budiwiyono.com/2010/01/08/venture-capital-offering1/

    Rgds.

    budiwiyono

    January 8, 2010 at 1:04 am

  3. Realnya di Indonesia seperti apa pak? karena ketika saya tanya PNMN mereka juga minta jaminan plus bagihasil (atau bunga??) yang lebih tinggi dibanding perbankan konvensional…

    Hud

    January 12, 2010 at 5:32 am

  4. Pak Hud, salah satu perspektif kenapa VC kadang-kadang terasa “mahal” sharenya adalah karena mereka membiayai sektor yang bisa jadi saat ini belum bankable. Alasan kenapa mereka berani membiayai adalah karena keyakinan nilai masa depannya. Tentu saja mereka tetap menilai potensi dan kompetensi startup yang dibiayai.

    budiwiyono

    April 13, 2012 at 2:21 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,681 other followers

%d bloggers like this: