budiwiyono.com | opinions, analysis, techniques, experiences and insights.

Vision without action is fantasy. Action without vision is random activity.

Cara mudah transaksi online dengan akun Paypal

with 23 comments

Jual beli melalui internet semakin populer saja. Tidak percaya? Silakan anda lihat aktifitas jual beli lewat internet di Forum Jual Beli Kaskus!

Di kaskus dengan iklim perlindungan legal transaksi elektronis yang masih belum memadai tidaklah menghalangi komunitas kaskus untuk bahu membahu melakukan jual beli melalui web forum. Reputasi seller menjadi sangat penting, sehingga buyer harus memperhatikan reputasi seller. Uniknya para buyer di kaskus dengan suka rela memberikan testimoni “recommended seller” jika pengalaman transaksi dengan seller x terbukti aman. Gotong royong tersebut menjadikan next buyer bisa melihat reputasi seller, apakah cukup aman untuk diputuskan transaksi. Pembayaran yang umum dipraktekkan adalah dengan membayar melalui transfer rekening bank, yang prakteknya banyak mengandalkan internet banking agar tidak perlu ke ATM/ke lokasi teller Bank. Ada juga yang lebih suka dengan pembayaran Cash on Delivery (COD), baru bayar jika barang diterima dan sesuai term dan condition-nya.

Berbeda dengan transaksi kaskus, transaksi di dunia maya yang melibatkan orang asing mau tidak mau lebih mengandalkan Kartu Kredit atau Akun Paypal. Transaksi dengan Kartu Kredit secara langsung dengan membuka data kartu dan data verifikasinya secara langsung tidak saya rekomedasikan… berbahaya! Akan tetapi pembayaran dengan Kartu Kredit via Akun Paypal yang bisa saya rekomendasikan, mengingat merchant benar-benar tidak tahu isi kerahasiaan data kartu kita. Seperti kita ketahui juga, Paypal memperhatikan service level kemananan transaksi. Jadi sekali lagi, jangan pernah membuka data kartu kredit pada merchant secara langsung… berbahaya!

Registrasi akun paypal mudah sekali dilakukan, cukup klik halaman registrasi kemudian isi form. Akun menggunakan alamat email anda sebagai UserID. Setelah Form diisi, maka akun dalam keadaan belum di verifikasi. Untuk verifikasi dulunya hanya bisa diverifikasi dengan kartu kredit, sehingga faktor inilah yang menghambat  masyarakat mum untuk mempunya akun Paypal yang terverifikasi. Tentunya tidak semua masyarakat bisa memiliki kartu kredit, seperti mahasiswa atau masyarakat yang lifestyle-nya tidak suka berlangganan kartu kredit.

Tetapi sekarang verifikasi akun Paypal sudah bisa kita verifikasi dengan akun bank secara gratis, jika akun belum verified maka kita tidak bisa withdrawal balance paypal. Jadi ini adalah good news, bagi yang belum punya Kartu Kredit sudah bisa verifikasi akun Paypal dengan akun Bank lokal Indonesia saja.

Berikut saya beri contoh cara registrasi dan verifikasi dengan menggunakan akun bank Mandiri sbg contoh kasus.

Cara Verifikasi Paypal Lewat Rekening Bank Lokal

1. Login ke Account Paypal Anda disini.
Bagi yang belum memiliki account Paypal, bisa Register disini.

2. Klik “Get verified”

3. Pada “Choose how to get verified”, pilih “Link and confirm your bank account”. Dengan meng-klik “Link My Bank Account”.

4. Di kolom isian “Add a bank account in Indonesia”, pada kolom “Name on account” isi dengan Nama Anda.

Namun perlu diingat, jika nama pada Account Paypal Anda beda dengan Account Bank Anda. Maka Anda akan dikenakan biaya Rp 50.000,-

Pada kolom “Bank name”, isi dengan Nama Bank yang Anda miliki.

Pada kolom “Bank code”, isi dengan Kode Bank yang Anda miliki. Untuk melihat Kode – Kode Bank yang bisa digunakan untuk memverifikasi account di Paypal, klik “What’s this ?”. Di URL tsb Paypal memudahkan kita dengan memberikan list Kode Bank Indonesia, jadi kita bisa tinggal di copy code-nya saja.

Pada kolom “Account number” dan “Re-enter account number”, isi dengan Nomor Rekening Bank Anda.

Setelah semuanya Anda isi, klik “Continue”.

5. Setelah Anda klik “Continue”, Anda akan melihat tampilan “Review your bank account information” seperti dibawah ini.

Cek kembali data – data yang sudah Anda isi sebelumnya, jika ada yang salah dan ada yang ingin Anda rubah. Anda bisa mengeditnya dengan mengklik “Edit”, lalu Anda rubah sesuai dengan data Anda yang benar. Jika sudah selesai, Anda klik “Continue” untuk melanjutkan.

Jika semua sudah benar, klik “Add Bank Account”.

6. Anda akan mendapatkan pemberitahuan “You’ve just added your bank account”.

Untuk memulai proses verifikasi, Paypal akan mengirimkan/ mentransfer sejumlah kecil uang sebanyak 2 kali ke Rekening Bank Anda. Jumlah uang yang ditransfer oleh Paypal, nantinya bisa Anda gunakan untuk memverifikasi.

Untuk menyelesaikan proses verifikasi pengaktifan Account Paypal Anda, Anda bisa memeriksa transaksi di Bank Anda 1 sampai 3 hari setelah Anda melakukan langkah – langkah diatas.

7. Setelah Anda periksa Rekening Bank Anda antara 1 sampai 3 hari, bagi pengguna BCA dan sudah mengaktifkan e-banking. Anda bisa melihatnya langsung di http://www.bankmandiri.co.id.

Diriwayat transaksi Rekening Bank Anda, akan terlihat “PAYPAL PTE LTD” sudah mentransfer sejumlah kecil uang. Yang nanti bisa Anda gunakan untuk memverifikasi Account Paypal Anda, contohnya seperti dibawah ini.

Gb. Rekening Mandiri

8. Login ke Paypal, atau klik disini. Lalu klik “Get verified”.

9. Pada “Get Verified and Lift Sending and Withdrawal Limits”, klik “Confirm bank account”.

10. Masukkan angka yang ditransfer oleh Paypal, contohnya Rp 11 dan Rp 20. Masukkan angka 11 dan angka 20 ke kolom yang sudah disediakan, sebagai persyaratan verifikasi pengaktifan Account Paypal Anda.
Setelah itu Anda akan mendapatkan konfirmasi seperti dibawah ini.

11. Selamat… Sekarang Account Paypal Anda sudah terVerifikasi, pada MyAccount terlihat “Status: Verified“. Selanjutnya siap untuk menerima pembayaran maupun digunakan membayar setelah akun Paypal diisi deposit. Hanya akun yang sudah Verified yang diperbolehkan untuk penarikan uang di akun Paypal, seperti email konfirmasi dari Paypal berikut ini.

Your Sending and Withdrawal limits have been removed

Hello XXX,

Thank you for confirming your PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk., account x-yyyy. Your account is now verified and your PayPal Sending and Withdrawal limits have been removed.

Thanks,

PayPal

About these ads

Written by budiwiyono

February 13, 2010 at 5:33 pm

23 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. waah, terima kasih, pak infonya.. baru tau kalo ternyata nggak harus pake kartu kredit.. dulu sempet daftar, tapi belum ngerti caranya.. :D

    siesti

    May 21, 2011 at 7:49 am

  2. kalau bank saya syariah mandiri, apakah bisa pak ?
    trus caranya ngisi uang di akun paypal kita bagaimana ?
    mhn penjelasan. terimakasih

    Pak widhi

    January 2, 2012 at 1:05 am

  3. lalu bagaimana caranya kita memasukkan sejumlah uang ke akun paypal kita ?
    terimakasih

    Pak widhi

    January 2, 2012 at 1:11 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,585 other followers

%d bloggers like this: