Strategi UKM menggunakan ICT untuk meningkatkan Daya Saing dan Peluang Export

Strategi Perusahaan Kecil dan Menengah ( UKM ) menggunakan ICT untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis lainnya

Usaha kecil dan menengah ( UKM ) perlu memanfaatkan ICT untuk meningkatkan daya saing perusahaan, mengingat di era globalisasi ini arena persaingan menjadi sangat kompetitif, dan bersifat global/ mendunia, usaha kecil dan menengah ( UKM ) harus mampu bersaing di tengah persaingan ini, untuk itu diperlukan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Agar dapat bertahan di era persaingan ini, usaha kecil dan menengah ( UKM ) perlu memikirkan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan untuk mendapatkan peluang ekspor dan juga peluang bisnis lainnya.

Salah satu strateginya adalah menggunakan Information and Communication Technology ( ICT ) yang saat ini di Indonesia ICT atau TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) belum digunakan secara luas, karena pemerintah sendiri baru mengeluarkan kebijakan dan baru membuat Road Map TIK nasional yang sampai saat ini belum sepenuhnya efektif  berlaku.

Pemanfaatan ICT bagi usaha kecil dan menengah ( UKM) dapat meningkatkan daya saing yang dimiliki perusahaan untuk mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis lainnya, mengingat dengan penggunaan ICT informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Komunikasi juga dapat lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan ICT. Kemudahan mengakses informasi dan kemudahan dalam berkomunikasi memberikan peluang bagi UKM untuk mencari peluang ekspor maupun peluang bisnis lainnya.

Tetapi penggunaan ICT oleh usaha kecil dan menengah ( UKM) mengalami kendala, khususnya dalam hal biaya, peralatan untuk pemanfaatan ICT tergolong masih mahal, selain itu selama ini barang-barang untuk ICT berasal dari luar negeri. Dengan pemanfaatan ICT pula UKM perlu merubah infrastruktur perusahaan. Mungkin usaha kecil dan menengah (UKM) dapat mengatasi kendala ini dengan melakukan kerjasama dengan UKM lainnya dalam pengadaan fasilitas penunjang ICT. Atau mungkin juga UKM menggandeng perusahaan besar dalam penggunaan ICT. Selain kendala biaya, masalah lain yang dibatasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM ) adalah keterbatasan sumber daya manusia, dalam penggunaan ICT di UKM tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan ICT di perusahaan.

Source: depkominfo.go.id

Advertisements

One thought on “Strategi UKM menggunakan ICT untuk meningkatkan Daya Saing dan Peluang Export

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s