Get Ready! Dunia Export menanti anda

Dear Action Member,

Berikut disampaikan Materi TDA Ym Business Conference edisi November 2008.
Yang ingin mengetahui lebih specific dan bertanya mengenai proses export, segera daftarkan diri Anda mengikuti conference kali ini:

Materi TDA Ym Business Conference
Get Ready! Dunia Export menanti anda …
(By. Eka)

Dunia maya semakin memberi kemudahan untuk bertemu jejaring internatinal dengan 2 kondisi tanpa batas jarak dan waktu, terlebih lagi dengan akses internet yang semakin mudah dan murah. Dunia bergerak bebas, keterbukaan pasar dunia menjanjikan *”opportunity”* / kesempatan.
Mungkin ada dari anda yang bertanya, kenapa online bukan offline ?
Saya sudah mencoba untuk masuk kedalam bisnis off line yaitu bisnis yang membutuhkan ruang serta pasar yang bisa kita jangkau tanpa mengunakan Internet. Ada beberapa keterbatas yang saya rasakan yaitu tingginya modal dan biaya yang harus dikeluarkan, juga keterbatasan pasar yg ada.
Ada beberapa point-point penting yang harus digarisbawahi sebelum memasuki dunia export , dengan singkat ulasannya sebagai berikut :

Pentingnya Legalitas Usaha
Lengkapi izin usaha dengan izin ekspor. Dan izin-izin lain yang berkenaan dengan basic bisnis kita (misal: ETPIK untuk komoditi bermaterial hasil hutan kayu – seperti wooden furniture, dll ). Legalitas usaha juga akan berpengaruh untuk marketing usaha kita yang akan dibahas di point 3.

Product
Tentukan produk apa yang akan kita tawarkan serta mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar international.

Marketing
Sekarang begitu banyak direktori-direktori perdagangan international yang menawarkan site untuk memasarkan product kita secara online. Seperti contoh Alibaba.com.

Menjalani bisnis virtual tentu “kepercayaan/trust ” menjadi kunci. Sebagai contoh, Alibaba menawarkan sistem keanggotaan dengan tag “Trust pass” dengan melewati proses verifikasi / survey oleh lembaga verifikasi international. Disinilah pentingnya legalitas usaha kita, karena verifikasi akan dilakukan properly. Setelah lolos, kita akan di*announce*sebagai member yang layak dipercaya, sehingga hal ini menguntungkan kita karena buyer tidak akan segan melakukan transaksi bisnis dengan kita.
Direktori Perdagangan (contoh : alibaba.com) akan meberikan site khusus untuk display room product kita. Display merupakan hal yang penting dalam dunia on-line karena tampilan gambar atau foto mempengaruhi buyer untuk mengambil keputusan untuk berbelanja atau bertransaksi. Sama seperti kalau kita memanjang barang kita yang ada di toko demikian juga di Internet

Others

  • Setiap negara mempunyai peraturan sendiri atas impor, berhubungan dengan komoditi dan dokumentasi. Jadi sebaiknya pelajari terlebih dahulu sebelum kita melakukan dealing. Misal Australia : sangat strict/ketat dengan aturan import terutama yang berhubungan dengan possibility product mengandung hama/penyakit. USA, mempunyai batas quota atas import untuk garment.
  • Networking. Jalin networking/hubungan kerja yang baik dengan supplier kita, rekan sesama pemain bisnis, tebarkan jaring-jaring anda kepada siapa saja. Kadang prospek bisnis datang dari salah satu dari mereka. Bergabung dengan asosiasi atau wadah yang kembali lagi disesuaikan dengan basic bisnis kita. Misal ASEPI untuk kerajinan. Kemudahan birokrasi, networking, dan informasi-informasi exhibisi biasa akan lebih mudah kita peroleh dengan menjadi bagian komunitas2 tersebut

Terima kasih
Eka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s