Solusi untuk UKM: Internet Murah untuk Kios Anda

by Iim Rusyamsi

Saya mengamati seorang penjaga kios kecil dengan produk minuman air mineral isi ulang, Hengki, namanya. Kiosnya berhadapan dengan kantor saya di Mangga Dua Square. Ia selalu memegang ponsel (handphone) dan selalu sibuk dengan ponselnya tersebut.

Saya coba iseng bertanya sedang apa, apakah sedang ber-sms-an, lalu dia menjelaskan bahwa ia sedang menggunakan internet di ponselnya tersebut. Saya pun penasaran. Aplikasi apa yang biasa ia pakai? Ia biasa menggunakannya untuk browsing emailnya di Gmail lalu chat dengan Yahoo! Messenger. Dan sesekali iseng mengunjungi website lain.

Dia bilang bahwa ini dilakukan untuk bisnisnya bukan sekedar ‘main’ di internet. Ia cek email dan chat untuk komunikasi dengan gudang dan tempat sumber air minumnya dan juga dengan beberapa customer. Karena memang kebanyakan customernya adalah perkantoran di sekitar kiosnya termasuk kantor saya.

Ia menggunakan koneksi GPRS dari sebuah operator baru yang bertarif Rp. 0.7 per KB. Menurutnya sangat hemat dan aksesnya cepat. Dengan pulsa Rp. 25.000 bisa untuk 2 minggu termasuk untuk SMS dan telpon. Dan hardware yang digunakannya pun hanya sebuah ponsel ‘jadul’ yang ada fasilitas GPRS dan Java application.

Ponsel ‘jadul’ tersebut berkisar sekitar Rp. 300.000 – Rp. 600.000 untuk harga seken-nya.

Akhirnya saya pun penasaran, kebetulan saya punya ponsel tidak terpakai, jadi bisa sebagai secondary ponsel, lalu saya beli kartu pra bayar dari satu operator pemain lama, GPRS tarifnya sekitar Rp. 1 per KB. Ponsel ini full saya pakai untuk saya mengakses internet jika sedang di jalan, saya bisa buka YM, Facebook dan Gmail.

Ponsel primary saya pun bisa menggunakan GPRS malah 3.5G namun tarifnya sangat mahal dan pasca bayar sehingga sulit untuk mengatur pemakaiannya.

Dengan pulsa awal Rp. 25.000,- prabayar ini, bisa saya pakai selama 2 minggu ini pun saya pakai juga untuk telpon dan SMS.

Untuk apikasi, Dedi, penjaga kios tersebut, memberikan tips, ada link sumber aplikasi untuk ponsel yaitu : http://wap.getjar.com. Dengan masuk ke portal tersebut, pemilik ponsel akan langsung diberi menu beberapa aplikasi mobile yang sesuai dengan ponsel yang digunakan. Type ponsel kita langsung terlihat dihalaman depannya. Kita tinggal pilih aplikasi yang bisa di download dan di install di ponsel kita.

Untuk aplikasi browser kita bisa pilih : Opera Mini, lalu YM bisa pilih YMtiny. Dan beberapa situs jika kita akses, akan otomatis memilih ‘mobile mode’ atau wap. Sehingga yang didownload hanyalah text dan mini, yang membuat pulsa kita berhemat.

Sayangnya beberapa website lokal kita tidak menerapkan hal ini sehingga memberatkan para pembacanya dari ponsel.

Saya membaca di media harian beberapa hari lalu, ternyata 12 juta pemakai internet di Indonesia, ternyata terbanyak pengakses menggunakan ponsel dalam mengakses internet. Ini mungkin dikarenakan banyaknya operator GSM yang bersaing dan memberikan promosi murah dan juga membanjirnya ponsel murah.

Satu lagi informasi membanggakan ternyata pembuat aplikasi YMtiny, yaitu aplikasi chat untuk Yahoo! Messenger yang dipakai banyak orang di dunia adalah hasil karya anak bangsa. Dia adalah Arief Yusuf Rahmanto, pada hari Selasa, 2 Desember lalu, profilnya di muat di Kompas.

Mungkin ini solusi murah untuk Anda yang memiliki bisnis di kios-kios. Tidak perlu komputer yang saat ini sangat mahal, namun cukup dengan ponsel, komunikasi via internet tetap lancar. Anda mungkin bisa inovasikan fasilitas ini untuk meningkatkan profit bisnis Anda.

Satu hal lagi pentingnya kita membiasakan mengirimkan email dengan menghapus bagian email yang tidak terpakai dan mengirim hanya email yang bermanfaat, akan menghemat bandwidth untuk Hengki yang mengandalkan internet dari pulsa handphonenya.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s