Talkshow Bisnis Export via eBay di Jakarta

Berikut sharing Talkshow eBay dengan Komunitas Tangan Di Atas (TDA) bulan November baru-baru ini dari Abah Raditya.

Silakan bagi yang mau nambahin infonya yah…

===

Baru mengikuti talkshow eBay + Plasa di kawasan melawai Jakarta. Presenter adalah seller Development Manager eBay Asia Tenggara. Sempat berbincang secara langsung dengannya, ada bbrp poin yg akan sy share yg mungkin bermanfaat buat teman2. (November 3rd 2010)
#
eBay kini sudah melirik Indonesia sebagai pasar potensial untuk rekrut member (dan ambil untung tentunya) … walau cukup terlambat di bandingkan negara tetangga
#
Konon pertumbuhan seller indonesia mencapai sekitar 60% pada 2010, ini tentu menarik perhatian eBay 🙂
#
Plasa[dot]com adalah official partner eBay di Indonesia, mereka mengadakan talkshow/seminar untuk memperkenalkan eBay pada pebisnis Indonesia yg sudah eksis, dimana eBay adalah salah satu marketing channel untuk produk2 mereka
#
Tujuan eBay adalah mengajak para pebisnis lokal kita untuk go global bersama eBay. Sayangnya ajakan ini lebih ditujukan kepada pebisnis yg punya produk fisik untuk dijual, bukan produk2 custom yang selama ini dijual mayoritas pedagang eBay….
#
eBay akan memberikan pelatihan/pendampingan kepada pebisnis2 tersebut untuk setup bisnis di eBay dan membuka toko di eBay, bukan akun individual sellers…
#
Dengan begitu, maka akan terjadi kedekatan secara fisik dan komunikasi antara staff eBay dan pedagang eBay, sehingga terjadi suasana kondusif untuk safety selling.
#
Bagi saya sendiri, langkah eBay ini cukup baik untuk mendorong para seller untuk berbisnis eBay untuk kepentingan jangka panjang, menjual produk2 fisik, penuhi segala policy yang ada.
#
Cuma permasalahan terbesar kita belum terpecahkan, yaitu masalah shipping. Jadinya kita hanya bisa bermain di kategori2 produk yang ringan2 saja. Makanya eBay hanya merekomendasikan warga Indonesia jualan di 4 kategori saja: jewelarry …, clothing …, cell phones…, dan text book ….
#
Nah buat teman2, sy sarankan untuk mencoba mengkombinasikan jualan produk lokal juga di kategori2 tersebut. Coba buka toko, nanti jika memungkinkan meminta eBay untuk menjadi trading assitant. dgn begitu bisnis eBay akan lebih tahan lama dan berkelanjutan …
#
Tentu dilakukan secara bertahap, gunakan strategi jualan masing-masing. agar cashflow dan penghasilan tetap terjaga 🙂 ….
#
Jika ternyata produk lokal kita lumayan banyak peminat, mungkin kita bisa melobi PT Pos Indonesia atau Departemen Perdagangan untuk mensubsidi biaya pengiriman.
#
“Jika kita dikenali dengan baik oleh eBay, selling limit tidak akan terjadi.” Itu salah satu pernyataan salah seorang manager eBay Spore yg sempet saya ajak ngomong.
#
Konsekuensinya, dengan semakin dekatnya eBay ke kita, besar kemungkinan pengawasan akan semakin ketat. So buat para Seller semoga lebih berhati-hati.
#
Sori kalo ada yg kurang berkenan, ini sekedar sharing aja dari apa yg saya dapat. Good luck guys…!
#
BTW acara eBay + Plasa ini tidak terbuka untuk umum, jadi sori sy gak ngabarin sebelumnya. Yg hadir hanya yg diundang saja. Saran saya ikutlah komunitas bisnis, jadi banyak info menarik 🙂
#
Trading/selling assistant ini sifatnya gratis: syaratnya kita harus serius ingin berbisnis di eBay, taati semua policy, dsb. Yang jadi assistant adalah Seller yang udah senior 🙂 …. menurut saya sih gak terlalu urgent keberadaannya, karena mayoritas kita sudah terbiasa berjualan.

Advertisements

2 thoughts on “Talkshow Bisnis Export via eBay di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s