Rahasia Keajaiban Otak dan Strategi Brain Development untuk Anak Indonesia

Tidak dapat dipungkiri maju tidaknya suatu bangsa ditentukan dengan kualitas Otak warga negaranya. Benarkah suatu bangsa seperti Jerman dan Yahudi memang dilahirkan Jenius, sedangkan bangsa lain tidak? Percayakah anda dengan banyaknya tulisan di Internet yang mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa bodoh? Itu semua bohong belaka.

Silakan anda cek sendiri banyak tulisan asal warga Malaysia (silakan googling dan cek) seperti itu yang intinya negative campaign yang isinya kebohongan publik. Jangan terpancing… karena banyak yang tidak suka jika Indonesia kompak dengan Malaysia. Jadi tidak mengherankan jika banyak upaya adu domba. Sejenak kita lupakan kelirumologi yang tidak mengenakkan ini.

Mari kita mulai bahas tentang Pengembangan Otak saja.

Otak adalah organ tubuh yang luar biasa peka dengan jenis makanan yang kita konsumsi.

It’s no accident, says Dr. Crawford, that our greatest ancient civilizations arose in areas where humans had access to food from the water—the Nile, Tiber, Euphrates, Ganges, Yangtze (Chang). His contention: Eating seafood with omega-3-type fat was the nutritional stimulus needed to produce huge jumps in brain size and brainpower, tripling brain weight to the current three pounds. With it came a new rush of human achievements.

Makan Ikan Laut dan Suplemen Omega 3 maka Brain Size dan Brain Power naik drastis. Berat otak naik menjadi tiga kalinya dari posisi normal 3 pounds (48 ons). Sebaliknya, penelitian membuktikan jika tidak, maka kapasitas otak akan menurun.

Jadi selain anak rajin belajar untuk mengisi otak. Anak perlu kapasitas otak, kapasitas otak sendiri sangat ditentukan oleh makanan. Untuk sementara kita abaikan faktor diluar makanan, tulisan ini fokus pada bagaimana cara Brain development dengan mengatur pola gizi makanan.

Menurut NORMAN ROSENTHAL, National Institute of Mental Health, Scientific Evidence yang baru membuktikan bahwa kita bisa memberdayakan Makanan dan Suplemen untuk Kekuatan Otak, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, meningkatkan IQ dan meningkatkan Kreatifitas. Selain itu juga memperlambat penuaan dini.

Maximize Your Brainpower – Boost Your Memory – Lift Your Mood – Improve Your IQ and Creativity
Prevent and Reverse Mental Aging
“A dazzling achievement . . . fascinating reading that will give hope and comfort to millions of people.”
—NORMAN ROSENTHAL, National Institute of Mental Health

Berikut disarikan Tips Brain Boosting yang mengacu pada Jurnal Medis.

10 Cara Memberikan Makan Otak dengan gizi yang paling penting untuk Otak (terutama untuk anak)

  1. Jadikan buah-buahan dan sayuran menu utama diet anda.
  2. Makan unggas tanpa kulit atau daging yang sangat ramping (bebas lemak).
  3. Makan semua jenis kacang-kacangan kering, termasuk kacang tanah, sebaiknya tanpa garam.
  4. Makan kacang-kacangan, terutama kenari dan almond.
  5. Makan ikan berlemak (salmon, sarden, makarel), kerang
  6. Batasi lemak omega-6 (terutama minyak jagung), minyak sayur hidro genated dan asam lemak trans.
  7. Batasi gula dan natrium.
  8. Batasi makanan olahan.
  9. Konsumsi suplemen vitamin-mineral, karena tidak mungkin untuk benar-benar meniru diet jaman batu yang kaya dengan nutrisi walaupun saat itu tanpa tambahan suplemen.
  10. Konsumsi kapsul minyak ikan, terutama jika anda tidak makan ikan beberapa kali dalam seminggu.

Sekilas Fakta Baik dan Fakta Buruk Lemak.

KONSUMSILAH Lemak yang bersifat Melesatkan Otak Manusia:

  • DHA: adalah bagian dari omega 3, jenis lemak untuk otak bagaikan Top Gun unggulan. Kita bisa mendapatkannya dari makan makanan laut, atau asupan suplemen.
  • EPA: adalah lemak bagian dari omega 3 lainnya yang berpotensi tinggi, juga yang di dapat dari makan ikan atau asupan suplemen minyak ikan.
  • Linolenat: Rantai pendek omega-3, yang tubuh kita harus mengubahnya ke rantai panjang, bermanfaat bagi otak Anda. Anda mendapatkannya di sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji rami.
  • Lemak tak jenuh tunggal, seperti dalam minyak zaitun: Berisi beberapa antioksidan, tidak meningkatkan ancaman vaskular, dan telah ditemukan untuk manfaat memori.

HINDARI Lemak yang melemahkan Otak Manusia:

  • Lemak Jenuh Hewani: Daging, susu, segala jenis mentega, keju.
  • Lemak Nabati Terhidrogenasi: Margarin, mayones, makanan olahan. Periksa labelnya.
  • Trans fatty acid: Margarin, makanan olahan, fast food yang digoreng, seperti kentang goreng.
  • Lemak Nabati Omega-6 yang berlebihan: Makanan olahan, minyak nabati dari jagung, minyak safflower (Carthamus tinctorius L.) dan minyak bunga matahari.

Mengagetkan ternyata yach… beberapa makanan yang selama ini kita kira bagus untuk otak ternyata malah ada yang melemahkan otak (contoh: lemak jenuh hewani: daging, susu, butter, keju). Karbohidat, gula simple dan segala jenis gula pasir/aren sangatlah berbahaya untuk performansi otak. Batasi penggunaannya.

Strategi yang benar: Omega 3 melesatkan Otak dan juga batasi makanan “racun otak” jangan mengkonsumsi racun otak terlalu over. Terus beralih-lah lebih banyak mengkonsumsi ikan laut. Selain volume dan kinerja Otak, Membran otak dengan mengkonsumsi ikan laut akan elastis, sedang dengan daging merah akan kaku.

Catatan tambahan:

  • Trigliserida benar-benar merusak otak. Jadi jangan heran jika mengganggu kerja kita terutama jika kerjanya mengandalkan Otak. Terapi makan ikan laut akan menurunkan trigliserida secara drastis juga.
  • Antioksidan juga bagus untuk merawat otak, contoh Coklat/Cocoa.

Kapan kapan kita bahas bagaimana budaya orang Yahudi (yang meniru amalan Nabi Muhammad) menjaga pola makanan yang ternyata memakai prinsip tulisan ini yang melesatkan otak mereka. Dimana kita tahu berkat otak nya yang handal, mereka “menguasai dunia”.

Juga sangat kita pahami yach, kenapa masyarakat Jepang yang gila makan ikan itu adalah masyarakat yang cerdas, dan masyarakat cerdas menjadikan negaranya makmur! Di lain pihak, pemerintah Jepang sangat care dengan controlling peredaran makanan yang bisa menyebabkan bangsanya tidak unggul.

Bayangkan apa yang terjadi JIKA penduduk Indonesia yang terbanyak no 4 di dunia diasup dengan mayoritas makanan ikan laut kaya omega 3 dari lautan Indonesia yang sangat luas.

Untuk Ayah dan Bunda yang Peduli dengan memaksimalkan Strategi Brain Development anak anak kita, silakan bergabung dan bahu membahu pada Online Community: “Brain Development Indonesia”. Tulisan SUMBER makanan dengan kandungan Omega 3 terbaik di dunia saya posting pada website Brain Development Indonesia. See you there…

Komunitas ini invitation only, silakan request dengan menyebut email anda melalui comment di bawah ini untuk request bergabung. Kami akan mengirim invitation ke email anda tsb.

Advertisements

5 thoughts on “Rahasia Keajaiban Otak dan Strategi Brain Development untuk Anak Indonesia

  1. memang banyak yang tidak ingin Indonesia itu rukun dengan Malaysia. Siapa yang akan rugi apabila kedua negara ini bersatu ayo…? Malaysia dengan Johor-nya dan Indonesianya dengan Batam-nya.
    Kerusakan mental yang berhasil menghancurkan negara ini adalah korupsi. Mudah2an sebagai orang tua, kita bisa memberi contoh dan membekali dengan akhlak yang baik agar tidak silau dengan dunia kapitalis. Mencari harta sebanyak2nya silahkan saja tapi itu justru untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan…..giving is the best lah pokoknya….

  2. @Necky

    Tulll 🙂 Membekali anak dengan optimasi fisik otak yang optimal, bekal pendidikan (life skill) yang optimal (pendidikan sekolah, keluarga, lingkungan spt wejangan Ki Hajar Dewantoro) tentu termasuk di dalamnya Pendidikan Agama yang MAKSIMAL. Tujuannya Akherat, dunia hanya bekal untuk menuju akherat 🙂
    Menjadi Insan yg menghasilkan MANFAAT maksimal.

    Insya Allah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s