Rancangan Kurikulum Nasional 2013 BELUM LAYAK diluncurkan

Melihat banyaknya ketidaksiapan dengan penerapan Kurikulum 2013, perwakilan Ortu menghadap Kepala Sekolah.

Dahsyat, kata KepSek Sekolah anak, pada Kurikulum 2013, pelajaran basic disuruh cari referensi sendiri, disuruh belajar sendiri, disuruh latihan sendiri. WWWOW!

Bayangkan, anak kelas 2 SD mana bisa dilepas begini. Jadinya tanggung jawab pembelajaran ilmu basic yang semula tanggung jawab Guru jadinya beralih ke Ortu di rumah.
Trus fungsinya Guru apa nih? Pada Kurikulum 2013, fungsinya Guru katanya cuma sbg Fasilitator.
Benar benar dahsyat. Ckckck.

Berdasarkan pengamatan saya, Ortu tugasnya jadi lebih berat, karena tugas guru beralih ke ortu. Dikhawatirkan anak jadi stress.. karena ilmu basic belum matang tapi anak sudah disuruh jawab banyak PR soal-soal terapan/tematik.

Saya sih setuju saja lari ke terapan, soal cerita/tematik… TAPI ASAL pembekalan ilmu basic nya dimatangkan. Baik secara Teori maupun secara Latihan. Jangan pula penguasaan masih mentah sudah dibawa lari ke soal-soal terapan. So pasti anak jadi stress dan rasa PD nya anjlok jlok jlok… 😦

Menurut pendapat seorang Praktisi Bimbel Senior:

Guru Les dan Bimbel lebih banyak mengajar ke basicnya aja.. Jadi anak lebih matang basicnya baru siap untuk dibawa ke penerapan… Berarti bagi yang tidak punya guru Les, maka tugas itu diperankan oleh para Ortu. Tentu, ilmu basic tidak bisa dilepas begitu saja..terutama untuk anak SD kelas 3 ke bawah.. Hal ini terutama karena penalarannya anak anak belum optimal.. (Naniek Widarti, Praktisi Senior Bimbel Ternama)

Pada versi Klasik / kurikulum kurikulum sebelumnya, ilmu basic-nya bagus, tapi ilmu terapan kurang. Hal ini biasanya diisi kekosongannya oleh Ortu dalam pelajaran terapan.
Sedangkan pada versi Kurikulum 2013 sekarang ini beda lagi, kebalikannya… maunya masuk ke ilmu terapan dengan tematik-nya, tapi ilmu basic ditinggalkan. Padahallll untuk menguasai ilmu-ilmu terapan/tematik syaratnya harus menguasai ilmu basicnya dulu (matematika, bahasa, etc).

Jadi normal banget yach kalau Majelis Guru Besar ITB  Menentang Rancangan Kurikulum Nasional 2013 tsb ! 😦
http://bit.ly/tundakurikulum2013

Masak fungsi Sekolahan pindah ke Bimbel sih 😦
Oke, bagi para pebisnis Bimbel, silakan ramai-ramai menangkap peluang bisnis ini 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s